Tanya Jawab

Q&A : HUKUM MEMBELI MAKANAN MENGGUNAKAN PENGLARIS

🇹‌🇷‌🇦‌🇳‌🇸‌🇰‌🇷‌🇮‌🇵
╔════════════╗
QUESTION ANSWER AUDIO 🎙
╚════════════╝

HUKUM MEMBELI MAKANAN MENGGUNAKAN PENGLARIS

📝 PERTANYAAN

Assalamualaikum.

Pak ustadz, bagaimana hukumnya membeli makanan yang ada penglarisnya, sedangkan saya baru mengetahui atau mendengar dari orang orang sekitar?

Jika makanan yang saya beli memakai penglaris atau memakai jin penglaris, apakah makanan yang sudah terlanjur saya makan itu haram?

Terima kasih atas jawabannya.

Jazaakallahu khayran.

➖➖➖➖➖

📚 JAWABAN

Wa’alaykumussalâm
Warahmatullâhi Wabarakâtuh.

🔶 Pertama

🔹اْلأصْلُ فِي الْأَشْيَاءِ الْإِبَاحَةُ

“Hukum asal segala sesuatu adalah mubah.”
Baik itu makanan, minuman, transaksi, atau yang semisalnya.

Tidak berubah kehalalannya kecuali ada hal yang dapat memalingkan, atau qarinah (pendukung) yang dapat memalingkan. Dan itu adalah sesuatu yang diyakini, bukan cuma desas desus atau gosip semata.

✏ Contoh kasus, ada seorang muslim yang menjual bakso. Baksonya halal (hukum halalnya adalah asal, dan hukum asal itu adalah meyakinkan). Lalu ada isu atau gosip yang mengatakan bahwa bakso tersebut menggunakan daging tikus. Yang namanya isu atau gosip sifatnya ZHAN / dugaan.

Dalam kaidah disebutkan bahwa, sesuatu yang bersifat zhan/yang masih meragukan (syak), maka itu tidak dapat memalingkan kehalalan sesuatu.

🔹لا يزول الشك بالظن
“Keraguan tidak dapat hilang hanya dengan dugaan.”

🔹 اليقيـن لا يزول بالشـك
“Sesuatu yang meyakinkan tidak dapat hilang hanya dengan keraguan.”

Jadi, sesuatu yang meyakinkan hanya bisa dihilangkan dengan sesuatu yang meyakinkan.

Oleh karena itu, sesuatu yang sudah yakin itu tidak bisa disingkirkan dengan sesuatu yang masih bersifat zhan (dugaan) atau syak (meragukan).

Itu berarti kita harus lihat, kita ketahui, kita yakini sendiri bahwa itu daging tikus. Kalau sudah yakin dan melihat sendiri, maka bakso tadi hukumnya haram. Tapi kalau masih zhan (dugaan), maka kembali ke hukum asal yaitu mubah.

Namun jika berita-berita tersebut adalah berita yang datang dari orang-orang yang kita kenal tsiqah (kredibel), dan mereka mengklaim bahwasanya mereka tahu sendiri dan berita-berita tersebut membuat dugaan kita hampir yakin sehingga dalam rangka warā’ (berhati-hati), maka kita tidak memakan bakso tersebut.

🔶 Kedua

Bahwa makanan yang diduga menggunakan penglaris atau sebagainya, maka hukumnya haram bagi yang melakukan hal tersebut, karena bisa jatuh pada kesyirikan.

Adapun orang yang memakan / mengonsumsinya lantaran ketidaktahuan atau semisalnya, maka tidak ada sanksi atau tidak ada keharaman bagi orang tersebut.

Yang berdosa adalah orang yang menggunakan penglaris tersebut.

Jika kita tahu dan yakin bahwa orang tersebut menggunakan penglaris dan bukan sekedar tuduhan, bukan sekedar dugaan, bukan sekedar isu atau gosip, maka lebih baik kita meninggalkannya sebab dikhawatirkan penglaris tersebut menggunakan bantuan jin.

✏ Contoh kasus, awalnya kita tidak tahu bahwa itu adalah daging celeng/babi atau daging anjing (daging yang diharamkan), dan kita sudah selesai memakannya, maka seperti ini kita tidak berdosa lantaran ketidaktahuan atas sesuatu yang kita lakukan. Kita tidaklah diazab atau dihukum lantaran ketidaktahuan kita dalam hal ini. Ini yang harus dipahami.

Oleh karena itu jika makanan yang kita beli ternyata menggunakan penglaris, maka yang sudah terlanjur kita makan hukumnya tidak mengapa.

Sekarang ini banyak orang-orang dalam rangka untuk menjatuhkan usaha orang lain dengan cara menuduh, seperti tuduhan memakai penglaris. Sebagai seorang Muslim hendaknya tidak mengindahkan tuduhan seperti ini, tidak mengambil pusing dengannya kecuali memang ada qarinah -nya atau ada indikasinya.

Jika terbukti baru boleh mempercayainya.

Jika hanya isu dari mulut ke mulut maka jangan dipedulikan.

Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.

••• ═════ ••• ═════ •••
Dijawab oleh :
🎙 Ustadz Abu Salma
Muhammad حفظه الله تعالى

Ditranskrip oleh :
Tim Transkrip AWWI
••• ═════ ••• ═════ •••

👥 WAG Al-Wasathiyah Wal-I’tidāl
✉ TG : https://bit.ly/alwasathiyah
🌐 Blog : alwasathiyah.com
‌🇫 FB : fb.com/wasathiyah
📹 Youtube : http://bit.ly/abusalmatube
📷 IG : instagram.com/alwasathiyah
🔊 Mixlr : mixlr.com/abusalmamuhammad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.