Tanya Jawab

Q&A : BOLEHKAH BERSEDEKAH DENGAN NIAT MEMINTA DO’A DARI ORANG YANG MENERIMA SEDEKAH โ“ ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ

ุงู„ูˆุณุทูŠุฉ ูˆุงู„ุงุนุชุฏุงู„

PERTANYAAN :

ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู

Ustadz… Bolehkah jika kita ingin sedekah tapi dengan niat kita meminta do’a dari yang meminta sedekah tersebut untuk kesehatan anggota keluarga hang sedang sakit, atau untuk yang sudah meninggal

Jazaakallahu khayran

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
JAWABAN :

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Ada beberapa perincian yang perlu saya sampaikan :
1โƒฃ Hukum meminta doa kepada muslim lainnya, maka ini hukumnya boleh. Termasuk tawassul yang diperbolehkan, yaitu meminta doa kepada orang yang shalih, sebagaimana para sahabat mendatangi ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu saat zaman Khalifah Umar Radhiyallahu ‘anhu untuk memohonkan doa agar diturunkan hujan.
2โƒฃ Imam Nawawi di dalam al-Adzkar membuat bab :
ุจุงุจ ุงุณุชุญุจุงุจ ุทู„ุจ ุงู„ุฏุนุงุก ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ูุถู„ ูˆุฅู† ูƒุงู† ุงู„ุทุงู„ุจ ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ู…ุทู„ูˆุจ ู…ู†ู‡
“Bab dianjurkannya meminta doa kepada orang yang memiliki keutamaan, meskipun yang meminta doa lebih utama daripada yang dimintai doa”
Ini artinya, memohon doa kepada saudara seislam meskipun ia tampak biasa-biasa saja, juga diperbolehkan.
3โƒฃ Anjuran bagi seseorang yang diberikan sesuatu (termasuk sedekah) adalah hendaknya ia membalas pemberian tersebut setidaknya dengan doa yang baik.
4โƒฃ Boleh meminta doa kepada setiap muslim, baik dikenal maupun tidak dikenal, baik yang diberi sedekah maupun yang tidak diberi sedekah. Namun yang lebih utama adalah berdoa sendiri, dan atau memohon didoakan oleh orang yang shalih (dikenal akan keshalihannya).
5โƒฃ Ingat, tidaklah setiap orang yang fakir itu adalah orang shalih dan lebih diijabahi doanya, bahkan banyak pula orang-orang fakir yang jauh dari Allah subhanahu wa Ta’ala, sehingga mengharapkan doa darinya tidaklah terlalu berpengaruh.
6โƒฃ Bersedekah dengan mengharapkan balasan doa dari yang diberi sedekah, maka kata para ulama ini namanya khilaful aula (menyelisihi keutamaan), sebab hendaknya seseorang bersedekah ikhlas mengharap balasan dari Allah.
7โƒฃ Doa dari orang yang diberi sedekah itu adalah balasan darinya kepada kita, dan jika kita memberi sedekah mengharap balasan doa, artinya kita mengharap balasan atas sedekah kita, sehingga mengurangi kesempurnaan sedekah kita. Dalam surat al-Insan :
ู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู†ูุทู’ุนูู…ููƒูู…ู’ ู„ููˆูŽุฌู’ู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ู†ูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุฌูŽุฒูŽุงุกู‹ ูˆูŽู„ูŽุง ุดููƒููˆุฑู‹ุง
‘Sesungguhya kami memberi makan kamu hanya mengharap wajah Allah. Kami tidak menginginkan balasan dari kalian tidak pula ucapan terima kasih.”
8โƒฃ Bersedekah kepada fakir miskin lalu meminta mereka mendoakan kita dengan doa yang spesifik, misal agar disembuhkan dari penyakit atau semisalnya, maka ini tentunya lebih lagi khilaful aula dan mengurangi pahala sedekah.
9โƒฃ Karena itu mintalah langsung kepada Allah, dan bersedekahlah karena Allah tanpa mengharapkan imbalan atau balasan apapun, meskipun itu ucapan terima kasih atau doa.
๐Ÿ”Ÿ Lihatlah ibunda Aisyah Radhiyallahu ‘anhu, ketika beliau mengirimkan hadiah kepada seseorang, beliau memerintahkan kepada yang mengantarkannya :
“ุงุณู…ุน ู…ุง ุฏุนูˆุง ุจู‡ ู„ู†ุงุ› ุญุชู‰ ู†ุฏุนูˆ ู„ู‡ู… ุจู…ุซู„ ู…ุง ุฏุนูˆุง ูˆูŠุจู‚ู‰ ุฃุฌุฑู†ุง ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡”
“Dengarkan apa doa mereka bagi kita, agar kita bisa mendoakan mereka yang sama dengan kita, sehingga yang tersisa hanya balasan dari Allah bagi kita”
Yaitu, beliau faham bahwa orang yang diberi hadiah atau sedekah, pastilah berusaha membalas kebaikan tsb, at least dengan doa… Karena itu beliau ingin membalas doa tersebut dengan doa, sehingga pahala hadiah dan sedekah itu tetap…
Karena itulah sebagian salaf apabila memberikan pemberian, lalu yang diberi mengucapkan “barokallahu ‘alayka”, maka mereka bersegera membalas dengan doa yang sama, “barokallahu ‘alayka”, agar pahala pemberian mereka tetap di sisi Allah…

Wallahu a’lam

โœ@abinyasalma
__________________

โœ‰Grup WhatsApp Al-Wasathiyah Wal I’tidรฅl
โ™ปTelegram: https://bit.ly/abusalma
๐ŸŒ Blog : alwasathiyah.com
๐Ÿ’ Facebook : http://fb.me/abinyasalma81
๐Ÿ”ฐYoutube : http://bit.ly/abusalmatube
๐Ÿ“ท Instagram : http://instagram.com/abinyasalma/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s