sorotan, Tanya Jawab

Q&A :MENGHADIRI UNDANGAN PERNIKAHAN

الوسطية والاعتدال:

Question Answer

MENGHADIRI UNDANGAN PERNIKAHAN 💌

1⃣ Tanya
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 
Bismillah
 Afwan Ustadz

Apakah ada dalilnya atau laranganya jika kita diundang ke undangan perkawinan ( resepsi) yg ada musiknya keras2 semisal dangdut / orgen tunggal ,,, mhn pencerahanya Ustadz

Syukron
Jawab
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته 
Larangannya adalah utk menjauhi kemaksiatan dan keharaman… Dan dalilnya sangat banyak sekali
✅Allah berfirman :

(أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ وَتَقْطَعُونَ السَّبِيلَ وَتَأْتُونَ فِي نَادِيكُمُ الْمُنْكَرَ ۖ فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ إِلَّا أَنْ قَالُوا ائْتِنَا بِعَذَابِ اللَّهِ إِنْ كُنْتَ مِنَ الصَّادِقِينَ)
Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan: “Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar”.

[Surat Al-Ankabut 29]
عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ✅

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا وَقَعَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ فِي الْمَعَاصِي نَهَتْهُمْ عُلَمَاؤُهُمْ فَلَمْ يَنْتَهُوا فَجَالَسُوهُمْ فِي مَجَالِسِهِمْ قَالَ يَزِيدُ أَحْسِبُهُ قَالَ وَأَسْوَاقِهِمْ وَوَاكَلُوهُمْ وَشَارَبُوهُمْ فَضَرَبَ اللَّهُ قُلُوبَ بَعْضِهِمْ بِبَعْضٍ وَلَعَنَهُمْ عَلَى لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ

{ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ }
Dari Abu Ubaidah dari Abdullah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ketika bani Israil tenggelam dalam kemaksiatan, para ulama mereka melarang mereka namun mereka tidak berhenti, lalu para ulama itu berbaur dengan mereka di majlis-majlis mereka.” 

Yazid berkata; Aku mengira beliau bersabda: “Di pasar-pasar, mereka makan dan minum bersama mereka. 

Lalu Allah mematikan hati sebagian mereka seperti sebagian yang lain dan melaknat mereka melalui lisan Daud dan Isa bin Maryam: (Hal itu karena perbuatan maksiat mereka dan karena mereka melampaui batas).”

HR Ahmad
✅Ibnu Qudamah rahimahullahu berkata :
إذا دعي إلى وليمة فيها معصية ، كالخمر ، والزمر ، والعود ، ونحوه ، وأمكنه الإنكار ، وإزالة المنكر : لزمه الحضور ، والإنكار .

Apabila seseorang diundang walimah yg ada maksiat di dalamnya, seperti khamr, nyanyian, musik, dan semisalnya, maka jika ia mampu mengingkarinya dan menghilangkan kemungkaran, ia wajib hadir utk melakukan pengingkaran. 

وإن لم يقدر على الإنكار : لم يحضر ، وإن لم يعلم بالمنكر حتى حضر : أزاله ، فإن لم يقدر : انصرف .

Namun jika ia tidak mampu melakukan pengingkaran, maka Jangan hadir

Jika ia tidak tahu ada kemungkaran lalu hadir, kmd ada kemungkaran, maka hilangkan kemungkaran tsb. Jika tidak mampu, menyingkir dari sana. 

Al-Mughni  ( 7 / 279 ) .
Wallahu a’lam 
2⃣ Tanya 
Bismillah,Assalamualaikum Ustad…Apa yaa hukum nya kita dtg ke suatu acara pernikahan d mana kita tau bahwa yg menikah sdh dalan keadaan hamil…syukron Ustad
Jawab
Ini pertanyaan yang pelik, karena saling berkaitan satu dg lainnya :
🔹Muslim wajib memenuhi undangan saudaranya seislam, kecuali apabila ada udzur syar’i atau ada kemungkaran di dalam acara walimatul ursy tsb, seperti adanya ikhtilath, minum khamr, nyanyi²an, dll maka tdk usah hadir.
🔹 Seorang wanita yang berzina dan hamil, apakah boleh menikah saat masih hamil? 

Ulama berbeda pendapat :

➖Malikiyah, Hanabilah dan sebagian Hanafiyah berpendapat tidak boleh sampai wanita tsb melahirkan. Sebagaimana hadits Nabi ﷺ :

 لا توطأ حامل حتى تضع.

“Tidak boleh wanita hamil “didatangi” sampai dia melahirkan

 (HR Abu Dawud). 

➖Syafiiyah dan sebagian Hanafiyah berpendapat boleh berdasarkan hadits 

  الولد للفراش وللعاهر الحجر.
Anak itu milik sang pemilik ranjang sedangkan pria (pezina) hanya mendapatkan batunya`

Maksudnya adalah si isteri yang pernah digauli suaminya atau budak wanita yang telah digauli tuannya. Keduanya dinamakan firasy. Karena si suami atau si tuan menggaulinya (tidur bersamanya). Sedangkan makna hadits di atas, anak itu dinasabkan kepada pemilik firasy. Namun karena 

si pezina itu bukan suami maka anaknya tidak dinasabالوسطية والاعتدال:

kan kepadanya, dan dia hanya mendapatkan kekecewaan dan penyesalan. 

👉🏼 Pendapat yang kuat, wallahu a’lam, wanita hamil tidak boleh dinikahi sampai melahirkan. Berdasarkan hadits diriwayatkan Said al-Musayyib bahwa pernah ada seorang pria menikahi wanita, lalu ketahuan wanita tsb hamil. Lantas pria tsb melaporkan kpd Nabi dan nabi memerintahkan utk menceraikannya. 

Artinya, pernikahan tsb tdk sah, menurut pendapat yg paling kuat, wallahu a’lam. 
🔹Berangkat dari uraian di atas, bahwa wanita hamil tidak boleh dinikahi sampai dia melahirkan. Jika kita berpegang dg pendapat ini, maka artinya pernikahan wanita tsb tidak sah dan tdk benar. Karena itu, tdk boleh menghadirinya, karena tmsk bentuk ridha atas nikahnya. 

Namun, jika anda menguatkan pendapat Syafiiyah, maka nikahnya tdk mengapa, shg menghadirinya pun juga tdk masalah. 
Wallahu a’lam
✍@abinyasalma 

__________________
✉Grup WhatsApp  Al-Wasathiyah Wal I’tidål 

♻Telegram:  https://bit.ly/abusalma 

🌐 Blog : alwasathiyah.com

💠Facebook : http://fb.me/abinyasalma81

🔰Youtube : http://bit.ly/abusalmatube

📷 Instagram : http://instagram.com/abinyasalma/

🌀Mixlr : http://mixlr.com/abusalmamuhammad/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s